Jakarta [ronakampus] – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam rangka bulan bahasa dan sastra 2016 menyelenggarakan lomba debat bahasa antarmahasiswa.

8bba37e3-2bbb-4439-9aec-ff696d8fa84bFoto bersama Peserta dan pendamping dari UNAS, Wirawan (kanan), Ronald (tengah), dan Ngadiran (kiri)

Kegiatan terdiri dari pembekalan materi kebahasaan dan mekanisem debat yang diselenggarakan pada 4-6 Oktober lalu dan dilanjutkan pada pelaksanaan Debat Bahasa (babak penyisihan dan final) mulai kemarin tanggal 11-13 Oktober 2016.

5fda9359-344b-4ac4-8e3e-c8ca3f9a42a1Peserta dari UNAS pada sesi pertama.

Dalam kegiatan tersebut, Universitas Nasional mengirimkan dua orang mahasiswa mewakili universitas untuk mengikuti lomba debat bahasa dan didampingi Biro Adm. Kemahasiswaan Universitas Nasional, Bapak Ngadiran, SH.

067cb4aa-f154-4841-80c6-570525922040Presntasi peserta dari UNAS pada sesi kedua

Sementara dua orang peserta mewakili UNAS tersebut adalah Satu (1) orang fakultas sastra, program studi sastra Indonesia yakni Ofrianus Ronald Richardo dan Satu (1) orang peserta merupakan mahasiswa fakultas hukum yakni Hipatius Wirawan Labut.

Setelah mengikuti pembekalan lomba yang diselenggarakan pada (4-6 oktober lalu) Mahasiswa UNAS kemarin Selasa, (11/10) di Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jl. Daksinapati Barat IV Rawamangun mulai mengikuti pelaksanaan lomba.

Debat kemarin dilakukan dalam dua sesi, pada sesi pertama materi yang disajikan adalah tentang “pekerja asing di Indonesia wajib untuk dapat berbahasa Indonesia, dan mahasiswa Unas mendapat kesempatan pertama dan mengambil peran sebagai tim yang berpihak terhadap kebijakan tersebut.

“Hasil pertandingan di sesi pertama, mahasiswa UNAS meraih peringkat 3”, Ngadiran SH, sebagai pendamping kontingen UNAS.

Lanjutnya, di sesi kedua tema yang disajikan adalah “bahasa media merusak bahasa Indonesia”, sementara peserta dari UNAS diberikan peran sebagai orang yang tidak setuju atau menyangkal terhadap pernyataan tersebut.

Ngadiran mengatakan bahwa pada sesi kedua ini, mahasiswa UNAS meraih peringkat ke peringkat 2 dari 4 perguruan tinggi”lomba debat akan dilanjut pada hari ini pukul 08.00. wib, tutur Ngadiran.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *