Sebuah badan pendidikan memiliki tanggung jawab besar untuk membentuk generasi pemimpin masa depan yang berkualitas. Dalam hal ini, kurangnya jumlah Entrepeurner di Indonesia menjadi masalah tersendiri dalam dunia perekonomian. Universitas Nasional yang telah menyadari hal tersebut terus berupaya menggali potensi dan jiwa kewirausahaan dalam diri Mahasiswa. Sehingga setelah lulus Mahasiswa tidak hanya mengandalkan ijazah untuk mencari pekerjaan, tetapi mampu untuk membuka lowongan pekerjaan bagi orang lain yang membutuhkan.

Untuk itu lah, pada tanggal 7-8 April 2016 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUMKM) menyelenggarakan sebuah pelatihan dan sosialisasi gerakan semangat kewirausahaan muda melalui Pelatihan Kapasitas SDM Fasilitator dan Pendamping KUKM yang bertajuk “Melalui Lembaga Universitas Nasional, Kita Bumikan Gerakan Semangat Kewirausahaan dan Menjadi Motor Penggerak Ekonomi Kreatif Bangsa”.

DSC_0215
Keseriusan para peserta Pelatihan SDM Fasilitator dan Pendamping KUMKM menyimak paparan narasumber di Auditorium Kampus UNAS

Pelatihan in disambut antusiasme dari Mahasiswa Universitas Nasional yang memiliki keingintahuan terhadap proses berwirausaha, diikuti oleh lebih dari 40 peserta dari berbagai fakultas selama 2 hari berturut-turut. Mahasiswa siap untuk menerima pengetahuan mengenai bagaimana menjadi wirausaha yang kreatif dan inovatif dengan arahan dari para narasumber serta mendengarkan kisah dari wirausahawan yang telah sukses dalam dunia bisnis.

Foto Bersama Narasumber pelatihan kapasitas SDM Fasilitator dan Pendamping UMKM
Foto sesi para narasumber pelatihan kapasitas SDM Fasilitator dan Pendamping KUMKM, tampak Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Zainul Djumadin M.Si, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kewirausahaan UNAS Drs. Saudi Sapta Putera, M.Si. M.
DSC_0238
Para peserta Pelatihan Kapasitas SDM Fasilitator dan Pendamping KUMKM serius menyimak narasumber dalam sesi dialog di Auditorium Kampus UNAS.

Selain mendengarkan motivasi berwirausaha dari pembicara-pembicara yang ahli di bidang kewirausahaan, peserta juga diberi pelatihan tentang bagaimana mengatasi salah satu kendala paling besar dalam bidang kewirausahaan, yaitu modal. Para peserta diajarkan mengenai bagaimana cara mendapatkan dana untuk memulai usaha. Meliputi pinjaman dana KUR dari berbagai Bank, serta pembuatan proposal dana dan proses mendapatkan sponsor menggunakan proposal yang dibuat.

DSC_0324
Rona foto bersama para peserta di acara santai pelatihan Kapasitas SDM Fasilitator dan Pendamping KUMKM dengan para narasumber.

Acara kemudian diakhiri dengan kisah sukses Alumni Universitas Nasional yang telah sukses berkarir sebagai wirausaha muda. Dengan serangkaian kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa termotivasi untuk berwirausaha.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *