Universitas Nasional tak henti-hentinya menjalin kerjasama internasional dengan kampus bermutu di Luar Negeri. Kali ini pada tanggal 1-5 November tahun 2015 lalu Universitas Nasional berkerjasama dengan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA) mengadakan program Internasional Homestay Student Exchange. Kegiatan ini berlangsung di kampus UNISZA yang berlokasi di Trengganu Malaysia.

Program ini bertujuan untuk pendalaman pendidikan dan pengasahan soft skill antara mahasiswa dari kedua universitas. Dan pada kesempatan ini UNAS mengirimkan 43 peserta delegasi yang terdiri dari 38 mahasiswa dari berbagai jurusan di Universitas Nasional dan ditemani dengan 5 dosen pembimbing. Berbagai kegiatan dirancang untuk promosi budaya dari kedua negara serta pertandingan olah raga persahabatan untuk meningkatkan hubungan antar kedua mahasiswa dari kedua negara demi menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2016.

DSC0731

IMG_1993

Acara ini dibuka secara simbolis dengan upacara sambutan dari kedua rektor universitas dihari pertama sekaligus penandatanganan MoU perjanjian antara Universitas Nasional (UNAS) dan Universitas Sultan Zainal Abidin (UNISZA).

IMG_2956
Rektor UNISZA dan Rektor UNAS

Kemudian acara dilanjut dengan pembekalan soft skill dan student affair yang dibawakan oleh konsultan soft skill unas Prof. DR. Salleh Aman. Pembekalan ini diharapkan menjadi bekal pengembangan soft skill yang berguna bagi kedua mahasiswa universitas UNAS dan UNISZA di masa yang akan datang.

IMG_2987-683x1024
Prof. Dr. Salleh Aman
DSC1101
Delegasi kedua Universitas dalam mengikuti pembinaan soft skill

 

OLAH RAGA BERSAMA

DSC0934
olah raga bersama

Selanjutnya untuk menjalin hubungan persahabatan mahasiswa antara kedua universitas, dirancang sebuah kegiatan yang tentunya dapat menarik minat dan bakat mahasiswa. Yaitu latihan kesenian kebudayaan dan olah raga bersama. Dalam latihan kesenian kebudayaan, mahasiswa UNAS dan UNISZA saling berbagi tata cara tari-tarian tradisional Indonesia dan Malaysia.

Adapun olah raga yang diselenggarakan adalah Bola Tampar, dalam bahasa Indonesia Bola Voli putra/putri, olah raga Futsal serta Panahan. Selain itu dalam kegiatan olah raga persahabatan para dosen juga ikut serta untuk meramaikan suasana.

DSC0948
Tim Voli putri Unas
Tim Futsal UNAS
Tim Futsal UNAS
Dosen UNAS ikut serta dalam olah raga panahan
Dosen UNAS ikut serta dalam olah raga panahan

IMG_3625

Selain mengasah soft skill kegiatan olah raga bersama ini dapat merangsang minat dan antusiasme peserta dalam mengikuti rancangan kegiatan student exchange ini bukan?.

CULTURAL NIGHT

Tibalah acara puncak dalam rangkaian kegiatan Internasional Homestay Student Exchange ini, yakni Cultural Night. Acara ini merupakan hasil dari latihan kesenian dan kebudayaan yang dilakukan selama 4 hari. Dimalam Cultural Night ini kedua delegasi menampilkan berbagai kesenian dari Negaranya masing-masing. Berupa penampilan tarian tradisional Saman, Dinding badinding dan Ronggeng betawi dari Indonesia, Marawis dari Malaysia  serta Fashion show baju adat daerah dari berbagai wilayah di Indonesia.

IMG_3307
Tari ronggeng Betawi
IMG_3316
Penampilan Marawis dari UNISZA
IMG_3387
Tari Dinding Badinding dari UNAS
IMG_3391
Penampilan tari Saman
Penari Topeng dari UNAS bersama dengan dosen Pembimbing
Penari Topeng dari UNAS bersama dengan dosen Pembimbing

FASHION SHOW
Yang menjadi event paling menarik dari Cultural Night ini adalah Fashion show, menampilkan berbagai pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia diantaranya: pakaian adat Palembang – Sumatera Selatan, Sumatra barat – Minang kabau, Tapanuli selatan – Sumatera Utara, Ambon – Maluku, Makassar – Sulawesi Selatan, Madura – Jawa timur, Balikpapan – Kalimantan Selatan, Denpasar – Bali, Dayak – Kalimantan, Mataram – Nusa Tenggara Barat.

Baju Bodo Makassar
Baju Bodo Makassar
IMG_3369
Baju adat Tapanuli Selatan dan Minangkabau
Baju adat Ambon, Palembang, Mataram dan Dayak
Baju adat Ambon, Palembang, Mataram dan Dayak
Baju adat Madura
Baju adat Madura
Baju adat Bali
Baju adat Bali

Dengan berakhirnya Cultural Night maka berakhir pula rangkaian acara International Homestay Student Exchange di UNISZA Trengganu Malaysia. Siapkah menjadi delegasi International Student Exchange selanjutnya?.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *